Lakukan Hal Berikut agar Tidak Tertipu Saat Membeli Batu Akik Sulaiman

Lakukan Hal Berikut agar Tidak Tertipu Saat Membeli Akik Sulaiman! Sudah banyak dan sering sekali terdengar berita miring mengenai kegiatan jual beli batu akik, antara lain adalah batu akik sulaiman sebagai salah satu jenis akik paling populer dan digemari. Tidak sedikit orang yang merasa dirinya ditipu saat membeli akik sulaiman. Mereka mengatakan sudah keluar uang banyak akan tetapi batu yang didapat ternyata palsu.

Menurut para pakar batu mulia, ada lebih dari 75 persen batu akik yang saat ini tengah diperjualbelikan merupakan batu alam biasa. Batu sintesis tersebut sengaja dijual untuk meraup untung besar. Mungkin hal ini tidak akan berdampak bagi konsumen musiman yang latah membeli akik akibat berita media, namun bagi penikmat seni dan benda bernilai tinggi, mencari batu dengan persentase 25% sangatlah sulit. Itulah mengapa mengetahui ciri ciri batu sulaiman asli akan sangat menguntungkan.

Para ahli batu sekaligus pengamat benda-benda yang dianggap pusaka dan bernilai tinggi menyarankan agar seseorang membawa teman atau tanya kepada orang yang paham akan jenis batu mulia saat ingin membelinya. Dan tentu saja, harga antara batu mulia asli dengan batu alam biasa yang dijadikan imitasi akan sangat jauh rentangnya.

Untuk lebih mudahnya lagi, perhatikan beberapa tips atau ciri ciri batu sulaiman asli berikut ini:

Proses Pembuatan

Batu akik jenis sulaiman yang asli biasanya terbentuk dengan sendirinya akibat aktivitas biologis pada alam. Adapun proses penyempurnaan agar batu siap dijual juga tidak terlalu banyak, hanya perlu di ukir untuk kemudian digosok supaya halus dan mengeluarkan warna atau corak nya uang asli.

Hal ini tentu saja berbeda dengan batu sintetis dimana mengalami proses pembentukan yang lebih rumit dan lama, mulai dari pemanasan, radiasi, pewarnaan, bahkan menambahkan beberapa bahan kimia supaya batu tersebut dapat memunculkan corak indah seperti aslinya.

Berserat dan Terlihat Seperti Retakan

Ciri ciri batu sulaiman asli yang selanjutnya adalah terdapat serat-serat pada permukaannya sehingga menimbulkan kesan retakan. Akan tetapi retakan yang dihasilkan tampak indah alami dan bukan seperti sengaja diukir. Untuk karakteristik warna sendiri, batu sulaiman asli memiliki warna lebih redup khususnya pada batu yang baru. Sedangkan pada akik imitasi corak retakan ini tidak ada sehingga memiliki warna yang lebih kuat.

Gunakan Senter dan Kaca Pembesar

Kalian juga bisa memanfaatkan kaca pembesar dan bantuan lampu untuk bisa melihat lebih jelas ke dalam batu akik. Pad batu akik yang asli akan terlihat noda di dalamnya ketika terkena cahaya lampu yang disorotkan. Sedangkan pada akik sulaiman imitasi akan terlihat lebih terang tanpa noda dan cenderung tembus cahaya.

Memanfaatkan Touch Screen

Beberapa orang juga melihat ciri ciri akik sulaiman asli dengan memanfaatkan keberadaan tablet serta smartphone melalui touch screen nya. Batu akik sulaiman yang asli akan bisa menggeser dan menyentuh layar smartphone kalian layaknya memakai tangan. Hal sebaliknya juga terjadi pada akik sulaiman imitasi. Dimana selain tidak bisa menggeser layar smartphone, akik imitasi hanya akan berubah licin saat terkena layar.

Massa Batu yang Berbeda

Batu akik sulaiman yang murni tentu saja memiliki massa yang lebih berat jika dibandingkan dengan akik sulaiman imitasi. Hanya saja cara mengetahui ciri batu akik asli melalui bobot dirasa sudah tidak efektif karena banyak batu mulia imitasi yang memanfaatkan material khusus dalam proses pembentukannya sehingga mampu menyerupai bentuk asli.

Melakukan Uji Laboratorium

Untuk mengetahui ciri ciri batu sulaiman asli yang selanjutnya adalah dengan bantuan alat. Kalian bisa melakukan pengujian batu mulia pada sebuah laboratorium. Misalnya saja di Jatinegara, Jakarta Timur, terdapat satu laboratorium yang melayani pengecekan batu mulia asli maupun imitasi. Tepatnya ada di lantai dua.Mudah dan menguntungkan sekali, bukan?

Memiliki Sertifikasi Resmi

Tahukah kalian bahwa saat ini sudah banyak penjualan batu mulia yang memiliki sertifikasi resmi? Ya, bahkan batu akik sulaiman pun jika memang batu asli bisa mendapatkan sertifikasi. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir segala bentuk rencana dan tindak penipuan. Selain lebih mudah dan terpercaya, tentu saja lebih aman juga, bukan?

Melakukan Kontak Langsung

Pastinya kalian sering sekali melihat seseorang menggigit sebuah batu untuk mengetahui ciri ciri batu sulaiman asli, bukan? Nah, tindakan ini merupakan cara paling praktis untuk mengetahui keaslian dari seluruh logam mulia, bahkan emas sekalipun. Itulah mengapa para atlet selaku berpose dengan menggigit medali kejuaraan mereka.

Batu akik sulaiman yang asli akan memiliki ketahanan yang lebih bagus dibandingkan batu akik sulaiman imitasi tentunya. Selain menggigit, kalian juga bisa mengeceknya dengan cara membakar, bahkan membanting. Atau goreskan saja pada kaca, jika kaca tergores, maka akik tersebut adalah akik sulaiman yang asli.

Demikianlah beberapa ciri ciri akik sulaiman asli yang mungkin saja akan membantu kalian. Selamat mencoba!

.

Penjelasan lebih lengkap mengenai Batu Sulaiman Asli dan Bertuah, silahkan baca di halaman ini – KLIK DI SINI

Konsultasi SERIUS dengan Pakarnya Ki Sabrang Alam, Silahkan Hubungi Kontak di Bawah ini :

081 226 888 103 ( WA / Telpon / SMS )

Artikel Rekomendasi